Sadar Usia, Ini Rencana Cristiano Ronaldo Setelah Pensiun

Sadar Usia, Ini Rencana Cristiano Ronaldo Setelah Pensiun

sadar-usia-ini-rencana-cristiano-ronaldo-setelah-pensiun-7rh

Agen bola online _ MADRID – Cristiano Ronaldo sudah punya rencana ketika nanti gantung sepatu. Gelandang serang Real Madrid itu mengaku ingin terus dekat dengan lapangan hijau setelah tidak lagi merumput.

Ronaldo sudah meretas karirnya dikancah profesional selama hampir 15 musim. Bahkan, jika digabung masa yunior, CR7 sudah berkutat dengan sepak bola mulai 1992 atau saat berusia tujuh tahun.

Sampai saat ini Ronaldo telah membela tiga klub berbeda, mulai Sporting CP, Manchester United (MU) dan Madrid. Bintang asal Portugal itu juga sudah meraup sejumlah gelar, termasuk tiga trofi Liga Champions, serta sederet penghargaan individu.
Baca juga : Jadwal Matchday II Fase Grup Liga Europa 2016/2017, Jumat (30/9/2016) Dini Hari
Meski demikian, Ronaldo menyadari tidak bisa selamanya aktif bermain. Maklum, dia kini sudah berusia 31 tahun. Paling lama dia bisa bertahan hingga sembilan tahun lagi, dan setelah itu harus undur diri.

Ronaldo rupanya telah memiliki rencana jika itu terjadi. Dia ingin terus memberi kontribusi pada sepak bola. Sosok kelahiran Madeira itu mengaku menukangi klub bisa jadi salah satu alternatif mengisi waktu luang.

“Saya akan memikirkannya. Tapi, saat ini saya masih belum ingin jadi pelatih. Soalnya, masih terlalu rumit. Untuk sementara saya akan fokus dulu pada sepak bola. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi,” ucap Ronaldo, dilansir marca.

Ronaldo punya bakat jadi pelatih. Itu pernah diperlihatkannya saat final Piala Eropa 2016 antara Portugal kontra tuan rumah, Prancis. Saat itu dia harus menepi lebih cepat akibat cedera lutut.

Ketika berada di sisi lapangan, Ronaldo sibuk memberi instruksi pada rekan-rekannya layaknya juru kemudi. Kerja kerasnya membuahkan hasil karena Portugal akhirnya menang 1-0.

“Dalam beberapa tahun ke depan, orang-orang mungkin akan mengatakan saya telah memenuhi syarat jadi pelatih. Saat ini belum ada niat. Tapi, mungkin saja dalam lima, enam atau tujuh tahun kemudian saya berubah pikiran dan pilih jadi pelatih,” pungkas Ronaldo.