FIFA Minta Laga Afrika Selatan vs Senegal Diulang

FIFA Minta Laga Afrika Selatan vs Senegal Diulang

Berita Bola Online – FIFA telah memerintahkan laga kualifikasi Piala Dunia antara Afrika Selatan dan Senegal untuk diulang pada bulan November, setelah wasit yang bertanggung jawab atas pertandingan tersebut dijatuhi hukuman larangan memimipin pertandingan seumur hidup.

Afrika Selatan telah memenangkan pertandingan melawan Senegal dengan skor 2-1, setelah sang wasit, Joseph Lamptey, memberikan penalti atas handball yang dilakukan oleh Kalidou Koulibaly. Akan tetapi fakta membuktikan bahwa dalam tayangan ulang bola sebenarnya mengenai lutut Koulibaly.

Atas kejadian tersebut, FIFA menganggap bahwa Lamptey telah melakukan manipulasi pertandingan. FIFA pun melarangnya untuk terlibat dalam semua aktivitas yang berkaitan dengan sepakbola, baik level nasional maupun internasional, seumur hidupnya. Hukuman untuk Lamptey ini dikuatkan oleh putusan Pengadilan Arbitrase Olahraga.

Baca Juga:

“Pertandingan akan diulang di jendela internasional 2017 November, dengan tanggal yang pasti akan dikonfirmasi pada waktunya,” tulis FIFA dalam sebuah pernyataannya, seperti yang dilansir oleh fourfourtwo.

“Sebagaimana dinyatakan dalam aturan Piala Dunia, keputusan ini akan segera berlaku, tapi menunggu konfirmasi dari panitia penyelenggara untuk Kompetisi FIFA pada pertemuan berikutnya, yang dijadwalkan pada 14 September.”

Asosiasi Sepak Bola Afrika Selatan (SAFA) telah menolak semua kesalahan, namun akan mempertimbangkan laporan FIFA sebelum memutuskan apakah akan melakukan banding atau tidak.

“SAFA sedang mempelajari isi laporan tersebut dan akan mengeluarkan sebuah pernyataan mengenai niat untuk menantang keputusan tersebut. SAFA juga ingin menyatakan dengan pasti, bahwa Afrika Selatan sama sekali tidak terlibat dengan kesalahan yang dilakukan oleh wasit, seperti yang dinyatakan dalam laporan FIFA,” kata organisasi tersebut.