Islandia Menjadi Negara Terkecil yang Lolos ke Piala Dunia

Islandia Menjadi Negara Terkecil yang Lolos ke Piala Dunia

Berita Bola Online – Islandia menjadi negara berpopulasi terkecil di dunia yang memenuhi syarat untuk terlibat di Piala Dunia 2018 yang akan berlangsung di Rusia pada musim panas mendatang.

Gylfi Sigurdsson dan Johann Berg Gudmundsson mencetak gol saat Islandia memperoleh kemenangan 2-0 melawan Kosovo pada hari Selasa (10/11) dini hari WB. Hasil tersebut membuat Islandia mencatat 7 kali menang, 1 kali seri dan 2 kali kalah dari 10 pertandingan kualifikasi dan berhak menempati posisi puncak klasemen grup I untuk lolos otomatis ke Rusia.

Dengan jumlah populasi sekitar 335.000 penduduk, Islandia menjadi negara terkecil yang lolos ke putaran final Piala Dunia. Keberhasilan Islandia ini merupakan pencapaian yang luar biasa, mengingat negara kepulauan ini hanya memiliki 20.000 pemain sepakbola pria dan wanita.

Baca juga:

Setelah bertahun-tahun hanya menjadi tim pelengkap di ajang kualifikasi Piala Dunia, kini sepakbola Islandia telah mengalami perkembangan yang signifikan, terutama di tingkat senior. Hasil ini tak lepas dari standar pengembangan dan pembinaan pemain muda selama beberapa tahun terakhir.

Peningkatan sepakbola Islandia mulai terlihat saat mereka berhasil mengalahkan tim elit Eropa, Inggris dengan skor 2-1 untuk melaju ke babak perempat final Euro 2016 lalu. Sebelumnya, Islandia juga hampir lolos ke putaran final Piala Dunia 2014 di Brasil, saat mereka menempati peringkat kedua klasemen kualifikasi grup, sebelum dikalahkan Kroasia dengan agregat 2-0 di babak play-off.