Aturan Lucu Liga Inggris terkait Ruang Kendali VAR

Aturan Lucu Liga Inggris terkait Ruang Kendali VAR

Situs Agen Bola Tangkas Online Terpercaya – Video Assistant Referee (VAR) mulai diterapkan di Premier League musim ini. Ada sebuah aturan terkait ruang kendali VAR: pemain dan ofisial tim dilarang masuk.

VAR hadir di Liga Inggris mulai musim 2019/2020 ini. Teknologi ini sudah memainkan peran di sejumlah laga, Manchester City jadi salah satu yang paling merasakannya.

Juara bertahan ini menyaksikan dua golnya dianulir oleh VAR, masing-masing di partai lawan West Ham United dan Tottenham Hotspur. Di laga kontra West Ham, VAR juga membatalkan kartu merah untuk pemain West Ham dan membuat penalti Sergio Aguero diulang.

Di Inggris, VAR dikerjakan di sebuah ruang kendali bernama Video Operation Room (VOR). Dari ruang ini, petugas VAR memantau seluruh pertandingan.

Nah, dalam aturan Asosiasi Sepakbola Inggris (FA), mengacu pada panduan Field of Play dari Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB), disebutkan bahwa ruang kendali ini terlarang bagi seluruh pemain dan ofisial tim. Jika nekat masuk, hukumannya adalah kartu merah.

Baca Juga :Penampilan Terbaik Yerry Mina di Everton, Bukan Barcelona

Sampai sini aturan tersebut terdengar masuk akal, karena pemain atau ofisial bisa saja emosional terkait sebuah keputusan dan masuk ke ruang kendali. Tapi menjadi aneh jika melihat lokasi VOR itu sendiri.

VOR terletak di Stockley Park, London Barat. Jaraknya dengan stadion Premier League terdekat yakni Stamford Bridge adalah…21 km!

Maka misalnya Chelsea bermain di kandang, lalu VAR membantu wasit memutuskan sebuah insiden dan seorang pemain ingin protes ke VOR, maka dia harus keluar lapangan lebih dulu, naik kendaraan atau mungkin berlari setengah marathon, baru sampai ke VOR.

Atau mungkin membayangkan pemain City hendak memprotes operator VAR di ruang kendali, saat gol Gabriel Jesus dianulir pada laga kontra West Ham lalu. London Stadium yang merupakan markas West Ham berjarak 55 km dari VOR.

Jika ditempuh dengan mobil, butuh waktu sekitar 1-1,5 jam untuk sekali perjalanan ke sana. Artinya butuh 2-3 jam untuk pergi-pulang dari London Stadium ke VOR di Stockley Park.

Bahkan jika langsung protes di menit pertama dan bergegas menuju ke VOR, si pemain ini bakal kembali ke stadion hanya untuk menyaksikan stadion sudah kosong. Ya…mungkin masih ada wasit yang menungguinya untuk memberikan kartu merah sih.